Pemuda dan Perubahan


pemuda3 Hal yang Harus Dimiliki Seorang Pemuda

”Beri aku 10 pemuda, akan aku guncangkan dunia” ( Sukarno).

Perubahan. Sebuah kata ajaib yang diharapkan banyak orang, terutama dalam kondisi sulit dan penuh ketidakpastian. Perubahan, akan menjadi daya kekuatan yang kita cari dan perjuangkan. Sayangnya, di era ini perubahan menjadi tujuan yang ingin dicapai dengan cara cepat dan instan. Padahal menjejak tangga perubahan ke arah yang lebih baik memerlukan proses yang melibatkan banyak faktor di dalamnya.

Faktor yang paling berpengaruh adalah keberadaan para pemuda. Karena bagaimana pun pemuda merupakan tonggak perubahan. Pemuda tentunya memiliki tempat tersendiri dalam setiap zaman. Dimana didalamnya pemuda banyak mengambil peran untuk memperjuangkan kebenaran.

Ada tiga hal yang harus dimiliki seorang pemuda. Yang pertama adalah kepemimpinan. Para pemuda harus paham bahwa kepemimpinan adalah jalan untuk memperjuangkan kebenaran dengan efektif. Karena kebenaran yang diperjuangkan lewat kekuasaan akan besar kemungkinannya untuk berhasil dibanding dengan kebenaran yang diperjuangkan tanpa kekuasaan.

Yang kedua adalah ilmu. Kita khususnya para pemuda harus memiliki spesifikasi keahlian dalam suatu ilmu. Akan tetapi, kita juga harus  mempelajari ilmu-ilmu yang lain, walaupun hanya sekedar tahu. Contohnya kita sebagai mahasiswa teknik yang harus memiliki spesifikasi ilmu keteknikan, tidak menutup kemungkinan kita mengetahui ilmu-ilmu sastra, ekonomi, komunikasi dan lain sebagainya.

Yang ketiga dan yang paling penting dari semuanya adalah iman. Sebuah kepemimpinan yang tidak dibingkai dengan keeimanan dan ilmu yang tidak didasarkan pada keimanan maka akan melahirkan sebuah kerusakan di muka bumi. Kalau kita bicara bukti, ya zaman sekarang adalah sebuah bukti nyata tidak seimbangnya ketiga hal tersebut. Maka, kita sebagai pemuda harus memiliki ketiga hal tersebut dengan seimbang, tanpa kekurangan salah satunya. Pemuda dengan kepemimpinan yang ideal, ilmu yang bermanfaat dan iman yang kuat, tentunya akan menjadi pelopor kebangkitan bangsa ini.

*Hasil wawancara dengan Ketua BEM FT KM UNDIP 2009, Hasnul Ikhwan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: