Sekolah Gratis???


skulIKLAN SEKOLAH GRATIS : KAMPANYE ATAU PEMBOHONGAN PUBLIK?

Pogram sekolah gratis sangat tidak realistis melihat kondisi negara yang sedang dalam keadaan kritis, di atas hutang negara paling tinggi sepanjang sejarah dan anggaran yang tidak sesuai. Bila demikian adanya, iklan sekolah gratis bisa dikatakan tidak relevan dengan kenyataan, bahkan lebih jauh lagi telah menjurus pada pembohongan publik.

Pada sisi lain, yang perlu dicermati lagi adalah waktu penayangan iklan, yakni menjelang pesta demokrasi pemilihan legislatif dan  pemilihan presiden. Sehingga pantas diduga, iklan ini sekadar  propaganda, sebatas alat kampanye untuk kepentingan pemerintah yang tengah berkuasa agar bisa meraih simpati publik demi memenangkan pemilu.

Politikus tebar pesona dengan memberikan janji manis semacam pengobatan gratis, pendidikan gratis dan semacamnya itu lebih cocok dibalik menjadi ajakan yang persuasif dan mendidik untuk ikut gotong royong berpartisipasi demi kemajuan bangsa dan negara.

Dengan menjanjikan serba gratis, memang pada mulanya orang terkesan bahwa calon pemimpin itu begitu baik dan pemurah. Namun, program atau janji semacam itu justru membodohi masyarakat. Secara tidak langsung, sama saja mendidik masyarakat agar bermental pengemis. Program gratis seperti itu pun tidak mungkin menjangkau secara menyeluruh dan merata.

Bisa dibayangkan, betapa besar biaya pembuatan iklan dan belanja iklan untuk bisa ditayangkan di televisi pada jam-jam yang efektif. Bila niatnya untuk memperbaiki pendidikan di Tanah Air, tentu lebih baik miliar rupiah yang dibuang untuk belanja iklan, dialokasikan dalam program yang lebih nyata, agar sekolah benar-benar gratis.

Calon pemimpin atau politikus tak perlu memberikan janji yang muluk-muluk. Calon pemimpin cukup menghargai dan memperlakukan masyarakat sebagai manusia yang berdaya, sehingga masyarakat bisa diberdayakan dan secara individu sebagai manusia yang dapat berdiri dengan kepala tegak.

*Kesimpulan dari tugas makalah kewarganegaraan dan diskusi panjang di PKM

2 Tanggapan to “Sekolah Gratis???”

  1. sakainget Says:

    saya malah belum tau, emang ada y skolah gratis?
    kunjungan dinas – sakainget:mrgreen:

    • mutiamanarisa Says:

      Artikel ini sebenarnya membahas iklan yang mempromosikan sekolah gratis di televisi sejak menjelang Pemilu Legislatif hingga saat ini terus menghiasi layar kaca. Berbagai channel sangat sering memutar iklan yang menayangkan seorang bintang iklan yang tak lain aktris papan atas–Cut Mini, bahkan pada jam jam yang tergolong prime time . Sang bintang dengan gaya dan kostum mirip Ibu Guru Muslimah dalam film spektakuler “Laskar Pelangi” menggembar gemborkan bahwa sekolah gratis kini ada di mana-mana, disusul pernyataan senada Mendiknas Bambang Sudibyo.
      Nah dari sini saya mencoba untuk membuat kesimpulan dengan berdasarkan fakta-fakta yang terjadi sebenarnya. Beberapa sekolah memang sudah gratis. tapi,, hanya uang masuk dan sppnya saja. yang lainnya sih tetep bayar.Jadi, sekolah mana yang benar2 gratis??


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: