PROFIL HMTI


HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO

Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) merupakan lembaga kampus legal tertinggi ditingkat Program studi Teknik Industri Universitas Diponegoro. Sejak pertama kali didirikan, yakni pada tanggal 15 Mei 1999, HMTI sudah mengikrarkan diri sebagai pelayan mahasiswa serta sebagai wadah penyambung aspirasi mahasiswa kepada pihak birokrasi terutama pihak program studi yang notabene adalah para ibu/bapak dosen Teknik Industri sendiri.

Sebagai sebuah organisasi milik mahasiswa yang didukung oleh pihak program studi baik secara moril dan materil, HMTI menjadi organisasi yang menjadi tumpuan dan harapan bagi mahasiswa untuk mempermudah urusan akademik mahasiswa termasuk mengkaji tentang bagaimana meningkatkan kualitas mahasiswa sebagai calon pemimpin masa depan. Akademik, softskill, serta kemandirian mahasiswa merupakan bahasan yang intens dikaji dalam lembaga ini.

Berikut visi dan misi HMTI.

Visi Himpunan Mahasiswa Teknik Industri adalah :

  1. Menjadi unsur perekat Mahasiswa Program Studi Teknik Industri.
  2. Menjadi akselerator perwujudan mahasiswa yang berkemampuan kompetitif di era globalisasi.
  3. Menjadi wadah untuk membentuk seorang industriawan yang berkarakter, cerdas dan luas jaringannya
  4. Menjadi dinamisator pembelajaran budaya pelayanan dan kewirausahaan.

Misi Himpunan Mahasiswa Teknik Industri adalah :

  1. Mewujudkan mahasiswa yang berkemampuan kompetitif.
  2. Mengembangkan profesionalisme melalui kegiatan Himpunan Mahasiswa Teknik Industri.
  3. Mewujudkan kesejahteraan di kalangan mahasiswa Program Studi Teknik Industri.
  4. Menegakkan eksistensi mahasiswa Program Studi Teknik Industri di Universitas Diponegoro dan masyarakat.
  5. Mengembangkan kewirausahaan di kalangan mahasiswa Program Studi Teknik Industri.
  6. Memupuk semangat kekeluargaan dan kerjasama di antara mahasiswa Program Studi Teknik Industri..
  7. Mengembangkan intelektual mahasiswa Program Studi Teknik Industri.
  8. Ikut memberi kontribusi positif bagi pembangunan masyarakat.

Untuk mewujudkan visi dan menjalanakan misi yang telah digariskan tersebut, HMTI pada periode kepengurusan sekarang terdiri dari para pengurus Harian (Ketua, Sekretaris Umum, Sekretaris 1 dan 2, dan Bendahara 1 dan 2), tim litbang (penelitian dan pengembangan), serta lima departemen yang membawahi beberapa divisi. Lima departemen yang dimiliki HMTI merupakan ujung tombak yang bertugas melaksanakan program kerja yang telah disusun di awal kepengurusan. Litbang memiliki fungsi pembimbingan, pengontrol, dan pengawas kerja departemen, serta PH, yang dipimpin oleh ketua, bertanggung jawab penuh terhadap seluruh kegiatan HMTI nantinya.

Pada periode kepengurusan ini, seiring dengan visi UNDIP yang akan menjadi Universitas Riset pada tahun 2020, maka HMTI pun melaksanakan berbagai macam persiapan agar para mahasiswa bisa menjadi yang terdepan dan tidak ketinggalan dalam riset dan penelitian. Selain itu, program kerja lain juga tidak kalah penting karena tiap program kerja merupakan komponen-komponen yang saling melengkapi yang seluruhnya diperuntukkan bagi mahasiswa agar menjadi profesional yang mampu bersaing di dunia kerja.

Departemen-departemen yang ada di HMTI adalah sebagai berikut:

DEPARTEMEN PENDIDIKAN DAN RISTEK :
Segala macam urusan mahasiswa yang berhubungan dengan akademis dan penelitian adalah lahan garapan departemen ini. Semakin gencarnya perkembangan teknologi yang menuntut perkembangan keilmuan mahasiswa serta kebutuhan mahasiswa akan informasi dan perkembangannya akan difasilitasi oleh departemen ini. Departemen ini terdiri dari tiga divisi, yakni: Divisi Pendidikan, Divisi Infotek, dan Divisi Riset. Divisi Riset merupakan divisi baru yang diusulkan pada periode ini menggantikan Divisi English Club. Kebutuhan akan riset dan penelitian demi mewujudkan visi universitas sebagaimana yang tersebut di atas mendorong munculnya Divisi Riset ini. Program kerja unggulan departemn ini adalah InDiSCo (Industrial Design Seminar & Competition), SBY (Sinau Bareng Yuk!), Bank Soal, Dialog Akademik, serta Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah.

DEPARTEMEN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA :
Departemen PSDM merupakan ujung tombak organisasi yang bertugas mencetak generasi penerus HMTI agar tetap eksis menjadi organisasi yang produktif serta tetap dapat konsisten melayani mahasiswa. Departemen ini akan sangat sibuk saat PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru), di mana mereka harus mendidik para mahasiswa baru agar menjadi insan Teknik Industri yang siap diterjunkan di dunia nyata. Program kerja departemen ini berkisar pada pendidikan mahasiswa baru sesuai dengan alur kaderisasi yang telah digariskan oleh pihak universitas, seperti: PMB Jurusan/Program Studi, Gerakan Bersih Kampus, Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) pra-dasar, prosesi mingguan, kegiatan mandiri, presentasi kelayakan, serta pelantikan nantinya. Selain itu, yang akan menjadi program kerja baru yang diharapkan mampu memberikan manfaat lebih adalah LT (Leadership Training), yang merupakan saringan kader-kader Teknik Industri yang muaranya adalah satu tempat pada LKMM Dasar.

DEPARTEMEN KESEJAHTERAAN MAHASISWA :
Sesuai dengan namanya, departemen ini fokus untuk melayani kebutuhan mahasiswa Teknik Industri, Departemen ini juga merintis jalur bisnis mahasiswa (kewirausahaan). Departemen ini terdiri dari divisi Layanan Mahasiswa dan Kewirausahaan. Program kerja departemen ini adalah Kesma Centre (info beasiswa dan bursa kerja), Advokasi Mahasiswa, serta TI Mart (perintisan koperasi mahasiswa). Selain itu terdapat program kerja kreatif seperti KRS kolektif, Wisuda Mahasiswa, serta pengurusan parkir.

DEPARTEMEN HUBUNGAN LUAR :
Departemen yang banyak berhubungan dengan kegiatan eksternal HMTI ini merupakan departemeen dengan personil yang piawai berdialog serta berjiwa sosial di atas rata-rata. Fungsi depatrtemen inilah yang mengharuskannya sering mengutus delegasi HMTI untuk kegiatan-kegiatan di luar HMTI. Depatemen ini terdiri dari divisi Kerja Sama Luar dan Pengabdian Masyarakat. Program kerjanya antara lain Bakti Sosial, English For All, dan Factory Visit. Selain itu, departemen ini juga bertugas untuk mengurusi alumni dan memperbanyak link-link ke perusahaan demi lancarnya program kerja HMTI lainnya.

DEPARTEMEN MINAT DAN BAKAT :
Departemen ini merupakan departemen yang memilki personil dengan segudang ide dan kreativitas. Sesuai dengan namanya, departemen ini berkutat pada seni, olahraga, serta minat dan bakat alamiah mahasiswa. Program kerjanya antara lain Industrial Festival, Idaman, dan POR TI (Pekan Olah Raga Teknik Industri). Fungsi departemen ini terasa sangat vital pada lingkungan Teknik Industri mengingat kultur akademis yang super sibuk dengan padatnya jadwal sehingga mahasiswa butuh kegiatan hiburan di luar kampus.

Bagaimana pun, seorang profesional di lingkungan kerja bukan hanya seorang yang kompeten dalam spesialisasi keilmuan yang ia tekuni. Namun ia juga harus memiliki kapabilitas dalam sofskill sehingga ilmu yang ia punyai dapat dikembangkan secepat mungkin dan diwariskan kegenerasi penerusnya. Keterampilan softskill tersebut tidak akan didapat mahasiswa dalam mata kuliah dalam jumlah yang cukup sehingga keberadaan lembaga program studi menjadi sangat vital. Di daerah itulah Himpunan Mahasiswa Teknik Industri memainkan perannya.

KEPENGURUSAN HMTI 2010

VISI

  • Membangun SDM yang bertaqwa, produktif, berkualitas, serta menumbuhkan kesadaran dalam mengoptimalkan fungsi universitas sebagai wadah pengembangan riset.

MISI

  • Mengadakan kegiatan bertema penelitian dengan output nyata.
  • Optimalisasi fungsi Tim Penelitian dan Pengembangan.
  • Mengadakan pelatihan pengembangan SDM.
  • Mensinkronkan kegiatan Biro dengan agenda HMTI

*http://industri.ft.undip.ac.id/?p=921

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: