3 Idiots:Inspiring me..Great Movie!!


Benar yang orang-orang pada bilang lewat mulut ke mulut (terutama teman2 saya yang sedang kuliah di berbagai universitas). 3 Idiots adalah film yang wajib ditonton!! dan saya sendiri sudah menontonnya 3x dalam 3 hari berturut-turut..great!

3 Idiots bercerita tentang kisah 3 sekawan bernama Rancho, Raju, dan Farhan, dalam menjalani kehidupan kuliahnya di salah satu institut engineering terkemuka di India. Di film ini diceritakan kalau sistem pendidikannya itu tidak menjadikan mahasiswanya sebagai manusia, tapi jadi mesin, yang paradigmanya kuliah, lulus dengan nilai bagus, dapet kerjaan, gaji tinggi, hidup bahagia (familiar dengan hidup kita kan?). Sistem pendidikannya nggak membuat manusia itu semangat mencari ilmu, melainkan cuma mendapatkan gelar semata. Intinya sistem pelajaran seperti ini cuma bisa membuat kita pandai mengerjakan soal, dapat nilai bagus, tanpa kita pernah memahami makna dari apa yang kita pelajari??

Selain itu, di film ini diceritakan tentang orang tua yang (maaf) kolot, yang merasa mengerti bagaimana membuat anaknya bahagia dengan cara memilihkan jalan hidup anaknya. Padahal belum tentu jalan yang dipilihkan itu disukai oleh anaknya. Dan juga rasa takut yang sering dialami kebanyakan orang tentang masa depannya.

Inti latar belakang ceritanya sih begitu.. Saya mau cerita banyak-banyak karena sayamasih sangat amazed banget sama filmnya. Bayangkan, ini film butuh 3 jam untuk menghabiskannya, saya nonton mulai jam 10 malam, tapi saya benar2 menikmati 100% tiap menitnya dari awal sampe akhir! Biarlah teman-teman penasaran aja dengan film keren ini :D

Faktor besar yang membuat film ini keren adalah karena banyaknya inspirasi yang ada di sana. Nilai-nilai yang diangkat sama film itu benar-benar adalah nilai-nilai yang saya yakini. Beberapa di antaranya ada di bawah (NB: kalian harus nonton untuk benar-benar menghayati nilai-nilai ini! :) )

  • Berpikir positif dalam berbagai kondisi akan sangat membantu. Walaupun berpikir positif belum tentu menyelesaikan masalah, setidaknya itu akan membantu kita tidak memperpanjang masalah. Satu hal yang selalu diangkat dalam 3 Idiots adalah quotes-nya Rancho: Aal izz well (all is well : semua baik-baik saja). Dan itu akan membuat kita bertambah kuat untuk menghadapi segala masalah yang terjadi dan tidak memperburuk keadaan.
  • Jangan cuma mengejar impian sendiri, bantu orang lain mewujudkan impiannya. Rancho melakukan itu semua, menyadarkan Raju untuk mengatasi ketakutan-ketakutan dalam hidupnya, dan menyadarkan Farhan untuk mengikuti kata hatinya.
  • Ikuti kata hati kita, jangan berpura-pura, lakukan apa yang memang benar-benar kita sukai. Kalau bertentangan dengan apa yang orang tua kita inginkan? Bicaralah baik-baik dengan mereka, tunjukkan bukti kalau kita memang serius di bidang itu. Tunjukkan suatu prestasi yang sekiranya akan ‘melunakkan’ hati mereka. Semua orang tua bisa dipastikan ingin anaknya bahagia di masa depan. Kalau jalan yang mereka berikan tidak kita sukai, yakinkan mereka bahwa jalan yang kita pilih akan membuat kita bahagia. Farhan did that! :)
  • Jangan pernah takut menghadapi hidup. Hilangkan ketakutan-ketakutan tak beralasan yang membuat kita tidak berkembang. Takut menghadapi sendirian? Cari sahabat untuk berjuang bersama adn Raju has found his best friend!
  • Bergaullah dengan teman-teman inspiratif, yang bareng-bareng akan saling mendukung dalam kebaikan. 3 Idiots itu, masing-masing saling menginspirasi satu sama lain dengan caranya masing-masing.
  • Hidup ini jangan mengejar kesuksesan. Sukses itu cuma efek, bonus, dari apa yang kita tekuni. Seperti yang dibilang di film ini: Pursue excellence, and success will follow, pants down.
  • Practice what you preach. Jangan cuma bisa ngomong atau menasihati doang, lakukanlah apa yang sudah dikatakan. Atau yang lebih baik lagi, bicaralah lewat tindakan kita. Rancho yang memang sangat positif dan bersemangat, begitu ditantang oleh Raju & Farhan untuk melakukan apa yang dia sering bicarakan, dia langsung membuktikannya!
  • Harusnya masih ada lagi, tapi saya lupa., padahal ada banyak kalimat-kalimat bagus di film ini.

Terakhir, ini komentar yang bisa saya beri tentang film 3 Idiots-nya:

  • Ceritanya benar-benar kuat. Alur filmnya maju-mundur-maju-mundur tapi bener-bener membentuk cerita yang utuh.
  • Kocak. Bener-bener ini film sangat menghibur! Asli saya tidak bisa menjelaskannya, harus nonton sendiri!
  • Full musik! Bukan film India namanya kalau tidak dilengkapi dengan segudang lagu. Tapi beneran, semua musiknya bagus-bagus.. bukan hanya musiknya enak, tapi maknanya sangat inspiratif.
  • Bener2 bisa memainkan perasaan. Nonton 3 Idiots itu seperti naik roller coaster. Abis ketawa ngakak, emosi langsung dijatuhkan lagi karena adegan berikutnya sangat sedih. Atau habis deg-degan, tiba-tiba menangis terharu :)
  • Endingnya sangat unpredictable. Saya benar-benar tidak menyangka melihat endingnya.
  • Minusnya ada (yang bikin filmnya tidak perfect 10/10), yaitu karena ada beberapa hal yang tidak sesuai sama norma-norma yang saya anut: ada mabuk-mabukan, ada adegan ciumannya antara Rancho & Pia (ngajarin ga bener, belum nikah udah ciuman >_< ), sama tradisi menunjukan celana dalam junior ke seniornya, geli banget..

Jadi, 3 Idiots buat saya nilainya 9,5 dari 10. Bener-bener film India terbaik yang pernah saya tonton! Nyesel kalo nggak nonton dan ga dapet inspirasinya!!!  :)

http://ilmanakbar.dagdigdug.com/2010/02/12/ikuti-kata-hatimu-3-idiots-film-india-dengan-segudang-inspirasi/


Ditulis dalam Reportase. 8 Comments »

8 Tanggapan to “3 Idiots:Inspiring me..Great Movie!!”

  1. Syuaa Says:

    Eeee, prasaan film ini udah cukup lama deh, tapi nyampe ke Indonesianya baru sekarang kalin yah. Cuma,, yaa karena film endia inilah yang kdang2 bikin sedikit gengsi(ga tahu knp jg sih :D), klo liat reviewnya, jadi penasaran juga, ntar pulang kerja ke Taman Topi dulu ah…😀. nyari yang lima rebuan.

    • Biru Laut Says:

      Iyaa,,katanya sih ini film lama, tapi ga lama2 bgt juga.. Asli! ni film bener2 kereeeeen biaaangeeed… ga ada bosennya nonton ni film..pengen lagi..lagi dan lagi,,, hahaa…
      Ga usah gengsi nonton film india kalau memang bner2 ada isinya… awalnya sih aku meragukan judulnya yang kayaknya ni film rada ga bener..tapi setelah dikompor2in sama temen2 akhirnya nonton juga. Dan sekarang malah berpikir, bakalan nyesel kalo ga nonton! makanya..kamu nonton juga dong syuaa..Selamat menonton!

  2. sylphieika Says:

    saya sedikit mencontek ya eh banyak ding ..
    untuk sahabat sahabat saya kelak

  3. jangaero Says:

    Sepakat, filmnya bagus… sangat menginspirasi…🙂

    Oh ya kemaren saya nonton di metro tv dokumenter tentang orang indonesia yang ceritanya mirip ama 3 idiot. Seorang bapak dengan hidup sederhana ngajarin guru dan anak2 sekolahan teknologi dengan pake roket dari air dan peswat dari gabus .. trus juga bikin pesawat “aneh” dengan 3 baling2… persis kayak yang di terbangin si Ranchodas🙂

    ini trailer nya :

    Group Fb
    http://www.facebook.com/group.php?gid=148041015224394

    Blog
    http://www.habibieselokanmataram.blogspot.com

  4. Biru Laut Says:

    wah??? ada ya?? oke deh..langsung ke TKP..
    Thx for ur info…🙂

  5. Novianty Ridhoantika Says:

    Saya juga sudah nonton dan sangat suka sekali..
    benar2 mendidik😀
    Really Recomanded..

  6. Biru Laut Says:

    ni film kena bgt buat mahasiswa, apalagi mahasiswa teknik macam saya ini.. rasanya benar2 tersindir..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: