CNC Milling, makanan apa itu?!


Heehee…benar kok, ini bukan nama makanan. Seperti yang teman-teman ketahui, ini adalah sebuah mesin untuk proses manufaktur yang dijalankan dengan kode tertentu. Berhubung kemarin saya ada tugas membuat modul praktikum, dan kebetulan saya mendapatkan sub bab tentang CNC Milling, hari ini saya mau bagi-bagi ilmu tentang apakah itu CNC Milling?? Sebenarnya saya juga baru belajar mengoperasikan alat ini demi mengejar salah satu cita-cita saya. Tapi, walaupun sedikit ilmu yang saya punya, alangkah baiknya kalau tetap dishare dengan orang lain..Nah ini dia ulasannya…

CNC Milling

Pengendalian perkakas mesin dengan suatu variabel input, seperti suatu pita berlubang atau suatu stred program, dikenal sebagai Numerical Control (NC). NC telah didefinisikan oleh Electronic Industries Associatin (EIA) sebagai “Suatu system dimana tindakan dikendalikan oleh penyisipan langsung data numeric. Sistem harus secara otomatis menginterpretasikan sedikitnya beberapa bagian dari data ini”.

Sedangkan yang dimaksud dengan Computer Numerically Controlled Milling (CNC Milling) adalah suatu proses permesinan yang berasal dari informasi digital 2D atau 3D untuk menghilangkan sebagaian material untuk memperoleh hasil produk yang diinginkan (biasanya benda kerja berbentuk persegi).

Gambar Rangkaian kegiatan pengoperasian suatu mesin perkakas CNC

Dua prosedur dalam prses CNC Milling adalah:

1.    Toolpathing

Merupakan proses menerjemahkan suatu model 3D atau 2D dari komputer ke dalam satu rangkaian alur (perintah program) agar tercipta suatu model ke dalam suatu bahan baku (raw material).

2.    Actual Machining

Merupakan proses pengerjaan dengan mesin secara nyata, yang akan menerjemahkan toolpaths (perintah program) ke dalam mesin milling yang akan bergerak dalam sumbu X, Y dan Z.

Sistem Koordinat CNC Milling

Dalam sistem CNC, setiap sumbu pergerakan dilengkapi dengan sumber penggerak berbeda yang menggantikan handwheel seperti pada mesin konvensional. Tiga sumbu utama disebut sebagai X, Y dan Z. Secara detailnya adalah:

  • Sumbu Z: pada mesin yang merotasikan tool, seperti mesin milling atau boring, sumbu Z parallel terhadap sumbu tool, dan gerakan positif menjauhi benda kerja.
  • Sumbu X: pada mesin milling horizontal, sumbu X parallel terhadap meja. Sedangkan pada mesin milling vertical, sumbu X menunjuk ke kanan ketika programmer menghadap mesin.
  • Sumbu Y: adalah sumbu bagian kiri dari sistem koordinat cartesius standar.

Pada proses pemakanan dilakukan secara bertahap, sumbu X, sumbu Y kemudian baru sumbu Z.

NC Word (Kode)

Dalam MCU digunakan NC Word (kode) sebagai berikut:

  • Kode %: merupakan kode “string” yang ditempatkan di awal dan akhir listing program untuk membersihkan memori
  • Kode G : disebut juga preparatory code. Digunakan sebagai fungsi kontrol. Dalam CNC Milling kali ini kode G yang sering digunakan adalah: G01 : Gerakan linier dengan pemakanan/linier interpolation, G90 : Pemrograman dimensi absolut
  • Kde X-, Y-, Z- : memberikan koordinat posisi tool. X, Y, Z adalah tiga sumbu pergerakan (cartesius) dari mesin. Sedangkan A, B, C digunakan sebagai sumbu rotasi terhadap X,Y dan Z.
  • Kode F : menyatakan kecepatan pemakanan, yaitu kecepatan relatif antara cutting tools dengan benda kerja. Biasanya dinyatakan dalam satuan mm/mnt.

Positioning System

Menurut John Polywka dan Stanley Gabrel, Positioning system terbagi menjadi :

Incremental

Untuk Bubut, saat menggunakan sistem incremental path dari toolnya bergerak dari posisi satu ke posisi lainnya dengan arah dari setiap sumbunya. Tanda di depan nilai menentukan arah pergerakan. Untuk Milling, dalam program incremental, setiap pengukuran menunjukkan posisi dimensi yang tertentu sebelumnya. Dimensi incremental adalah jarak antara 2 titik yang berdekatan.

Absolut

Untuk bubut, koordinat input dari titik yang terprogram selalu tetap dan menunjukkan titik koordinat nol. Untuk milling, semua nilai koordinat adalah relatif dari asalnya dengan asumsi sistem koordinat. Arah ditentukan dengan tanda positif dan negatif.

Tool, Jenis-jenis pahat yang digunakan :

  1. Drilling : Membuat lubang pada benda kerja
  2. Flat/Face Cutter: Untuk pekerjaan perataan, mungkin memiliki takik pada giginya untuk mematahkan geram dan memudahkan pengeluaran.
  3. Countur Boring: membuat countur pada benda kerja.
  4. End Ball: membuat sudut pada benda kerja
  5. End mill: membuat sudut pada tepi benda kerja yang di milling. Jenisnya ada: Shell End Mills dan End Mills
  6. Slot drill (Bor Alur) : membuat alur yang sesuai dengan diameter bor.
  7. Wood Ruff Slot Cutter (Pahat Frais Alur Dovetail) : membentuk luncuran-luncuran dengan sudut 45o, 60o ,90o
  8. Pahat Frais Bentuk: untuk menghasilkan lekukan, sisi-sisi dibulatkan.
  9. Pahat Frais Sudut : untuk pengefraisan permukaan-permukaan yang bersudut kecil dan alur-alur tanpa memiringkannya.

4 Tanggapan to “CNC Milling, makanan apa itu?!”

  1. hasnulikhwan Says:

    alhamdulillah……
    semangat Mut, Da lihat di foto juga ada Agung W, Sony, ARya ya….?
    wah! subhanAllah

    CNC masuk kurikulum ya?
    mesinnya udah mw digunakan?

    • Biru Laut Says:

      iya Da, alhamdulillah…🙂
      itu kurang satu yg disebutin, 08 masih ada angga (kenal ga ya?)
      yup, tahun ini sudah masuk kurikulum dan mesin insyaAllah sudah siap dioperasikan..
      oia, ulasan yang Da an janjikan sudahkah diposting?

  2. love korea Says:

    Hi, Biru laut… saya angel.. Saat ini saya tengah mengerjakan TA tentang perawatan mesin CNC milling, namun saya sedang stak di pengumpulan data terutama breakdown sistem dan komponen dari cnc milling.. Saya minta tolong sekali bantuannya ya,,

    • Biru Laut Says:

      Mesin cnc milling kan banyak jenisnya. nah, mba michan pakai mesinnya yang jenis apa? karena di lab kami pakai cnc milling (vertikal) master. biasanya komponen dan breakdown sistemnya ada di manual book nya.. coba diliat dulu deh.. biasanya sih sudah lengkap disitu..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: