Tribun untuk saya! di Semarang Night Carnival :D


Di ulang tahunnya kota Semarang yang ke-464, pemerintah kota semarang mengadakan event yang nantinya akan menjadi event tahunan. Awalnya kota Semarang memang merupakan kota bisnis. Sehingga setiap orang yang datang ke Semarang ya kalau “ada perlunya” saja. Oleh karena itu untuk memancing para wisatawan, diadakanlah Semarang Night Carnival (30/4/2011) yang merupakan carnaval malam hari pertama di Semarang dan di Indonesia. Dan denger-denger sih.. nantinya akan digelar juga event tahunan yang biasa dilaksanakan H-10 menjelang bulan Ramadhan. Semua usaha ini dilakukan semata-mata untuk mengubah semarang menjadi kota wisata.

Berangkat dari Widya Puraya seusai rapat bersama seluruh Tim Litbang (17.30), kumpul di depan GSG UNDIP bersama kedua teman saya. Yang lain, tentu saja sudah berangkat duluan (15.30)  ke TKP  untuk mendapatkan tempat nonton terbaik. Sampai di Simpang lima tepat saat azan maghrib berkumandang. Langsung saja kami memutuskan untuk langsung ke Masjid Baiturrahman yang terletak di lingkaran simpang lima. Yang luar biasa dari perjalanan itu adalah, saya berangkat H-1 jam sebelum dimulai acara, akan tetapi jalan menuju Simpang lima lancar terkendali, padahal hampir seluruh penduduk kota semarang tumpah ruah di sana. (Polisi Semarang memang wokey! :D)

Setelah itu, kami berjalan ke arah panggung utama, yang di depannya sudah berjejer tribun untuk orang-orang yang memiliki undangan khusus. Sesampainya di sana, sayangnya semua tempat duduk (lebih tepatnya pembatas jalan) sudah penuh diduduki orang-orang yang sudah siap siaga menonton pertunjukan. Wah! alamat bakal berdiri sampai malam nih (-.-“).. maklumlah karena datang telat harus rela dengan segala konsekuensinya.

Tepat sekitar 30 menit berdiri tiba-tiba polisi di sebelah saya berkata “udah duduk aja mba di tribun, ga apa2 koq..”. Wew! ketiban durian runtuh. Langsung saja saya dan kedua teman saya dalam sekejap menempati tempat terbaik di Carnaval malam itu, tanpa undangan sodara-sodaraa..! (Rezeki emang ga kemana.. :P)

Akhirnya setelah menunggu selama beberapa menit, rombongan karnaval yang sudah berjalan dariJalan Pemuda – Jalan Pandanaran – Jalan Simpang Lima, tiba juga di jalan pahlawan yang merupakan pusat utama akhir karnaval. Diawali dengan Marching Band dan diikuti siswa-siswi dari SMP-SMA se-kota Semarang. Dengan berjalan beriringan para peserta menggunakan beragam busana yang mereka tampilkan serta make up fantastis membuat warga Semarang yang menonton terpukau.  Ragam busana ini di kelompok dalam beberapa tema, misal flora fauna, putri cina, putri jawa, putri arab, prajurit ceng ho, dan beberapa busana fantastis lainnya. Pada baris pertama iring-iringan ini adalah tamu kehormatan sebagai duta dari Kota Solo yang pernah menyelenggarakan “Solo Batik Carnival”.

Dan kemudian, kemegahan carnaval tahun ini ditutup dengan kembang api yang sangat meriah. Kembang api terbaik yang pernah saya lihat. Irama kembang apinya benar-benar memukau, sampai saya terpesona dengan keindahan yang diciptakannya.

Hujan rintik-rintik pun mulai mengguyur kota Semarang, yang akhirnya membuat semua penonton meninggalkan tempat karnaval perlahan-lahan. Wah hiburan yang seru terutama untuk saya sebagai imigran dari Jakarta😛. Ada hal yang sangat saya sayangkan di karnaval ini.  Saya sudah terlanjur berpikir nanti akan ada rombongan dari kerjaan Inggris bersama Pangeran William dan Kate middletone.. ternyata mereka tidak hadir.. Hehee..😀

Ditulis dalam Reportase. 4 Comments »

4 Tanggapan to “Tribun untuk saya! di Semarang Night Carnival :D”

  1. pyoubcozjc Says:

    saya sedikit nyesel sech kenapa saya ga ikut? atau ga nonton he he …

    mudah-mudahan tahun depan masih ada …

  2. Biru Laut Says:

    sepertinya sih akan ada lagi deh… kita nantikan saja tahun depan..😀

  3. Yandri Mahaldy Z Says:

    wew… mantap.. di bdg ada ga ya?

    • Biru Laut Says:

      wah sejauh ini belum pernah denger di bandung ada karnaval kayak gini. Silahkan.. silahkan datang ke semarang night carnival tahun depan sebagai turis lokal..😀


Tinggalkan Balasan

