Janji saya, SARJANA!


*dering handphone* satu pesan muncul begitu saja di layar HP saya. Dari seorang kawan.

Satu malam satu lembar saja!
Diam dan mulailah belajar!
Bukankah janjimu ingin menjadi SARJANA?
Janganlah membuat mereka meneteskan air mata!
Baju toga itu, mengeringkan semua keringat mereka!
Menghapus air mata mereka!
Membayar semua pengorbanan mereka!
Ingat! Bukan emas dan permata sebagai bentuk balas jasa!
Hanya kata-kata sederhana!
SARJANA saja!
Lupakah kau waktu mereka mengantarmu ke kota?
Mereka pulang lalu bercerita kepada siapa saja bahwa anak mereka sekarang kuliah dan menjadi calon SARJANA!
Mereka lalu menjual apa pun yang ada!
Mereka mulai menghemat uang belanja!
Tetap bekerja walaupun HUJAN DAN PANAS yang mereka rasakan!
Mencoba tetap tersenyum walaupun hidup dalam kekurangan.
Kita tak pernah tau, mereka berlari kesana-kemari mencari pinjaman saat kita tiba-tiba telepon atau sms meminta untuk dikirim.
Semua itu demi ANAKNYA yang tercinta.

#didedikasikan untuk Ibu dan Ayah di desa (NN)

Entah berasal dari mana semua barisan kalimat ini. Yang jelas,  telah membuat saya kembali berjanji untuk menyelesaikan pendidikan saya dengan hasil yang memuaskan orang tua saya. Saya bermimpi untuk membuat nama mereka didengungkan memenuhi ruangan itu! dan membawa mereka ke depan pelataran gedung itu dengan rasa bangga! ya, saya berjanji demi kebahagian dua orang yang paling saya cintai di dunia ini!

 

2 Tanggapan to “Janji saya, SARJANA!”

  1. Budi Azhari Says:

    Puisi tersebut saya tulis>>

    “Skripsi: Satu Malam Satu Lembar Saja”
    Oleh: Budi Azhari,
    Banda Aceh, 20 Februari 2010

    Satu malam satu lembar saja…
    Diam…! dan mulailah menuliskanya…

    Bukankah janjimu ingin jadi sarjana…?
    Janganlah membuat mereka meneteskan air mata…
    Bukankah harapan mereka tidak mengada-ada…
    Hanya ingin melihat anaknya menjadi sarjana…

    Baju toga itu, mengeringkan semua keringatnya…
    Menghapus air matanya…
    Membayar semua pengorbanannya…

    Ingat..! Bukanlah emas dan permata…
    Sebagai bentuk balas jasa…
    Hanya kata-kata sederhana…
    Sarjana… saja…

    Lupakah kau waktu mereka mengantarmu ke kota…
    Mereka pulang lalu bercerita pada siapa saja…
    Bahwa anaknya sekarang kuliah dan menjadi calon sarjana…

    Mereka lalu menjual apapun yang ada…
    Mulai menghemat uang belanja…
    Harus pergi kerja walau hujan belum reda…
    Lebih giat dari pada biasanya…
    Karena satu keinginan kuat mereka…
    Anaknya harus lebih baik dari pada dirinya…

    Mereka juga ingin menepuk dada…
    Memandang potomu berbaju toga…
    Walaupun akhirnya poto itu saja yang menemaninya…

    Sekarang saatnya mulai menuliskannya…
    Satu malam satu lembar saja…
    Ini akan menghantarkanmu menjadi sarjana…

    >> Teks Aslinya>>> http://www.facebook.com/notes/budi-azhari/skripsi-satu-malam-satu-lembar-saja/491501080149

    • Biru Laut Says:

      wah, tidak menyangka penulis asli puisi ini mampir ke blog saya. salam budi..😀 benar2 puisi yang indah. saya waktu itu dikirimi teman lewat sms. dan saat saya baca ini, bisa berikan semangat kembali untuk kerjakan TA. doakan aya cepat jadi sarjana juga ya🙂


Tinggalkan Balasan

