KKN Part 2: Mulai dari Posyandu, Pengembangan Kreativitas, Penghijauan sampai Jurnalistik


TIM I KKN Undip Desa Selopampang memulai program kerja pada minggu kedua dengan mengikuti kegiatan Posyandu di Posyandu “Mawar Merah” yang berada di desa Selopampang. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui kondisi ksehatan balita melalui penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pengukuran lingkar lengan atas, dan pemberian makanan tambahan.


Kegiatan posyandu dilakukan setiap minggu ketiga dihari selasa pada setiap bulannya dengan di handle oleh 6 kader di posyandu mawar merah. Terdapat 42 balita dikawasan posyandu mawar merah, namun yang melakukan penimbangan yaitu 21 orang dan diberikan pemberian makanan tambahan berupa bubur kacang hijau untuk peningkatan gizi seimbang. Posyandu dimulai pada pukul 09.00 pagi dan selesai pada pukul 11.00 siang. Dilakukan penyuluhan tambahan oleh para kader mengenai peningkatan gizi balita dan ibu hamil melalui gizi seimbang karbihdrat, protein, lemak, dan vitamin.                     

Selain kegiatan untuk balita, TIM KKN I Desa Selopampang juga melakukan kegiatan bagi anak TK, yaitu pengembangan kreatifitas dan pelajaran bahasa Inggris. Dalam kegiatan ini, siswa TK diberi potongan kertas yang berbentuk lingkaran, segi empat, segitiga dan persegi panjang. Setelah itu, potongan kertas disusun menjadi bentuk yang baru. Tidak hanya sampai di situ, siswa TK juga diminta untuk menjelaskan gambar yang mereka buat.                                                                               

Pengembangan kreatifitas ini, selain untuk meningkatkan kreatifitas anak, kegiatan ini juga berguna sebagai perkembangan bahasa dan melatih kepercayaan diri. Sedangkan pelajaran bahasa Inggris dilakukan dengan media bernyanyi. Setelah itu, siswa diajarkan terjemahannya.

           

Sementara itu, mahasiswa yang lain mengikuti acara penanaman 200 pohon mahoni dari Desa Rejosari sampai perbatasan Desa Gambasan (mendekati Kabupaten Magelang). Penanaman pohon ini dipelopori oleh pihak Desa Selopampang yang bertujuan untuk penghijauan desa.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan dan pelatihan jurnalistik un tuk siswa SMK, yaitu SMK Grafika Al-Mu’min. TIM KKN I Desa Selopampang melakukan program ini untuk mengenalkan bidang jurnalistik kepada siswa SMK. Dimana terdapat seperangkat aturan yang harus dipatuhi dalam bidang jurnalistik. Kelanjutan kegiatan ini ke depannya adalah untuk membuat blog desa, dimana dalam blog tersebut akan ditampilkan secara detail mengenai Desa Selopampang, sehingga dapat dikenal oleh masyarakat luas. Pelatihan jurnalistik sebelum pembuatan blog dilakukan agar dalam penulisan artikel di blog dapat disusun sebaik mungkin dan sesuai dengan Kode Etik Jurnalistik yang berlaku.                     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: