My Final Project : Green Productivity


Setelah agak terseok-seok di awal karena memiliki tumpukan masalah yang sebenarnya tidak ada hubungannya sama sekali dengan tugas akhir saya, akhirnya saya mulai bisa fokus 100% mengerjakannya. Yap, keadaan semakin hari semakin membaik. Apa saya bilang? ini cuma soal waktu saja.🙂

Tenyata ada untungnya juga ya berkepribadian ganda? menyimpan satu kesedihan di sisi yang lain, sementara sisi yang lain bekerja keras mengejar setiap mimpinya. Nah, begitulah saya, yang selalu bisa memisahkan segala tanggung jawab dan emosi yang sedang saya rasakan. Aneh memang. Tapi ya disyukuri saja.🙂

Eh, saya baru sadar. Sedari tadi mengakhiri paragraf dengan sebuah senyuman? mungkin karena diri saya sudah kembali lagi. Pulih.🙂 (tuh kan? pake senyum lagi. hehee)

Oke, kalau dilihat dari judul posting kali ini, sudah jelaskan kali ini saya mau bahas apa? yes! that’s right.. my final project. For your information, saya mengambil tema tentang green productivity. Apa itu green productivity? bagaimana kalau saya jelaskan secara beruntun saja? biar sharing kali ini bisa lebih mengena ke contentnya.

Produktivitas

Produktivitas didefinisikan sebagai perbandingan (rasio) antara output per input (Wignjosoebroto, 1995). Dengan diketahuinya produktivitas, maka akan diketahui pula seberapa efisien sumber-sumber input telah berhasil dihemat. sehingga dapat dirumuskan :

Produktivitas = Output/Input

Selama beberapa dekade terakhir, produktivitas merupakan suatu istilah yang cukup populer, dan menurut fakta bahwa produktivitas telah menjadi prioritas ekonomi nasional. Dalam level mikro, peningkatan produktivitas berarti meningkatkan kompetisi perusahaan dan kualitas hidup individu yang lebih baik. Produktivitas tidak hanya tentang bagaimana mendapatkan efisiensi maksimum dengan “doing things right” tetapi juga mencapai efektifitas maksimum dengan “doing the right things(APO, 2001) . Produktivitas dapat didefinisikan juga sebagai :

Productivity = effectiveness + efficiency

Eco-Efficiency dan Sustainable Development

Istilah eco-efficiency terdiri dari dua kata yaitu eco dan efficiency (DeSimone & Popoff, 1997). Eco dapat diartikan sebagai ecological resources dan economic resources. Efficiency berarti harus menggunakan kedua resources tersebut secara optimal. Satu aspek penting dalam praktek eco-efficiency adalah produktivitas sumber daya yang diekspresikan dengan “doing more with less”.

Sustainable development didefinisikan sebagai pembangunan yang dapat menjawab kebutuhan dari generasi masa kini tanpa mengorbankan kemampuan dari generasi berikutnya untuk memenuhi kebutuhannya (APO, 2001). Definisi ini mencakup penggunaan produk dan jasa yang dapat memenuhi kebutuhan dasar dan meningkatkan kualitas hidup. Keseluruhan siklus hidup dari produk dan jasa tersebut harus berdasarkan pada minimasi penggunaan sumber-sumber daya alam dan bahan-bahan berbahaya yang dapat menyebabkan emisi.

Tujuan utama dari eco-eficiency adalah sustainable development. Eco-efficiency membantu memecahkan beberapa permasalahan yang diciptakan oleh pemanasan global dengan menekankan penggunaan energi secara lebih efisien dan memaksimalkan penggunaan renewable resources.

Definisi Green Productivity

Green productivity adalah suatu strategi untuk meningkatkan produktivitas perusahaan dan performansi lingkungan secara bersamaan di dalam pembangunan sosial-ekonomi secara menyeluruh (APO, 2001). Green productivity merupakan aplikasi dari teknik, teknologi dan sistem manajemen yang tepat untuk menghasilkan produk atau jasa yang ramah lingkungan. GP mendamaikan dua kebutuhan yang selalu dalam konflik, yaitu kebutuhan bisnis untuk menghasilkan keuntungan serta kebutuhan setiap orang untuk melindungi lingkungan. GP bukan hanya suatu strategi lingkungan, tetapi strategi bisnis total.

Metode Green Productivity

  1. Getting started : Membentuk tim GP dan Walk through survey dan mengumpulkan informasi
  2. Planning : Identifikasi permasalahan dan penyebabnya serta menentukan tujuan dan target.
  3. Generation and evaluation of GP option : Menyusun alternatif-alternatif GP , Screening, evaluation, dan prioritization dari alternatif-alternatif GP
  4. Implementation of GP options : Merencanakan implementasi GP, Mengimplementasikan alternatif terpilih serta Pelatihan, awareness building, dan mengembangkan kompetensi
  5.  Monitoring and review: Memonitor dan mengevaluasi hasil dan Management review
  6. Sustaining GP : Menggabungkan perubahan-perubahan dalam sistem manajemen organisasi dan Identifikasi permasalahan baru untuk continuous improvement.

Environmental Performance Indikator

Suatu indikator dapat didefinisikan sebagai sebuah parameter atau jumlah terukur yang didasarkan pada jumlah yang diteliti atau dihitung. Sebuah indikator lingkungan merupakan salah satu hal yang diperkirakan dapat merefleksikan berbagai dampak dari suatu aktivitas pada lingkungan serta usaha untuk mereduksinya. EPI menggambarkan efisiensi lingkungan dari proses produksi dengan melibatkan jumlah input dan output.

sampai sini dulu saja ya? nanti kita lanjutkan lagi. Berhubung TA saya juga baru sampai bab 4. Dan hari selasa 080512 baru akan seminar proposal (bab 1-3). Mohon doanya yaa teman-teman..

oia, saya bikin tulisan ini sambil nonton indonesian idol, dan malam ini mereka benar-benar spektakuler! hehe..😛


4 Tanggapan to “My Final Project : Green Productivity”

  1. fuad Says:

    bsa ndk kirimmin sya prosalnya kamu,,soalx sya kjga lagi belajar ttg green productivity itu

  2. fuad hasan Says:

    askum,,bsa nggk kirimin sya propsalnya ttg green productivity,,soalnya sya lgi belajar mngenai GP,,trus green productivity itu bukunya ttg apa???krimin di email yahh kawann

    fuadhasan485@yahoo.co.id

  3. liana Says:

    hei mb mutia.. bagus banget ini final project-ny. tolong posting Tugas Akhirny mb kayak gimana, secara umum gitu. rencanany ak pengen ambil green supply chain management, tapi ko sepertinya terlalu kompleks >.<
    ak pengen tulisan mb jadi acuan dr beberapa referensi, hehehe


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: